Blog


​Kalibrasi Turbidimeter

28 April 2019 Berita

Kalibrasi Turbidimeter dirancang untuk mengurangi atau menghilangkan gangguan yang disajikan sebelumnya. Algoritma kalibrasi sangat sederhana dan didasarkan pada dua bacaan: standar kalibrasi dan titik nol, yang tidak memerlukan standar. Dasar untuk pendekatan algoritma ini dibahas di bawah ini.

• Respons detektor nefelometri terhadap kekeruhan sangat linier pada kisaran 0,012 hingga 40 NTU. Linearitas ini memungkinkan kalibrasi dilakukan menggunakan standar tunggal pada titik mana pun dalam rentang ini. Untuk turbidimeter Hach, titik kalibrasi 20 NTU lebih disukai karena kemudahan persiapan dan akurasi yang tinggi. Bahkan jika air pengenceran memiliki beberapa kekeruhan (kurang dari 0,5 NTU), kesalahan berkontribusi pada standar rendah. Selain itu, kesalahan karena instrumen nyasar cahaya dapat diabaikan pada 20 NTU. Karena kalibrasi yang dilakukan pada 20 NTU memiliki kesalahan yang sangat rendah, secara teoritis, kesalahan pengukuran juga akan rendah ketika turbidimeter dikalibrasi pada tingkat ini. Jika jumlah kesalahan antara standar dan instrumen sama dengan 2 persen pada 20 NTU, keakuratan yang sama dapat diekstrapolasikan ke pengukuran tingkat rendah.

• Titik nol dilakukan dengan sumber cahaya instrumen dimatikan, tetapi dengan semua parameter pengukuran lain di tempat. Selama pengukuran ini, setiap cahaya sisa dalam optik atau lingkungan yang dapat mengakibatkan gangguan dihapus secara efektif dari semua pengukuran berikutnya. Ini sering disebut sebagai nilai kosong atau gelap. Biasanya, titik nol ditentukan ketika kekuatan instrumen berulangkali .

• Setelah pengukuran nol dan pengukuran standar telah diambil, algoritma instrumen menarik garis lurus antara dua titik ini, membangun kurva kalibrasi linear. Satu-satunya kesalahan yang tersisa adalah dari cahaya liar yang disumbangkan oleh lampu instrumen. Kesalahan ini menjadi faktor pada pengukuran terendah, biasanya di bawah 0,05 NTU.

• Kebanyakan turbidimeter memerlukan pengukuran air pengenceran (DW) sehingga kontribusi kekeruhan air pengenceran yang digunakan untuk menyiapkan standar kalibrasi high-end dapat dikompensasikan. Setelah diukur, nilai standar DW disimpan dalam perangkat lunak turbidimeter. Nilai ini kemudian dikurangkan dari nilai terukur dari standar kalibrasi lainnya. Dengan mengurangi nilai ini dari nilai yang terukur dari standar kalibrasi, nilai absolut dari masing-masing standar kalibrasi dihitung dan keakuratan titik kalibrasi high-end adalah

Untuk pertanyaan dan informasi dapat mengunjungi Website Kami atau Hubungi Kami.

PT. Mora Anugerah Berkat

Website : www.moraanugerah.id | www.moraanugerah.com

Email : info@moraanugerah.id | info@moraanugerah.com

mora.anugerahberkat@gmail.com